Hati-Hati, 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Kulit Kita Rusak, yuk Hindari!

By Dok Grid, Selasa, 27 Februari 2018 | 07:00 WIB
Mengatasi kulit berminyak (istock) (Nova)

NOVA.id – Kondisi kesehatan kulit tak hanya dipengaruhi perawatan dari luar saja, tetapi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi juga.

Ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan masalah pada kulit, seperti susu, kafein, telur, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan mana yang dapat kita makan dan mana yang tidak.

Kulit kita adalah organ terbesar dalam tubuh dan merupakan ‘jendela’ terhadap apa yang terjadi di dalam tubuh kita pilihan makanan yang buruk dapat menyebabkan banyak masalah pada kulit,” ujar dr. Frangk Lipman, seorang dokter dan physician dari Afrika Selatan, dilansir dari Popsugar.

Dr. Lipman mengungkapkan 5 makanan dan minuman yang wajib kita hindari agar kulit kita tetap bersih dan berkilau.

Susu sapi

Susu memicu masalah kulit, seperti jerawat. Semua susu, bahkan jika dari sapi organik yang diberi makan rumput, berasal dari sapi yang menyusui. Oleh karena itu, susu penuh dengan hormon yang menjadi cikal-bakal jerawat pada manusia,” kata dr. Lipman.

Pada 2009, penelitian membuktikan, susu sapi meningkatkan jumlah orang yang mengalami jerawat bahkan memperparah kondisi jerawat yang sudah ada.

Kita dapat mengganti susu sapi dengan jambu mete atau ragi nutrisi.

Menurut dr. Lipman, kedua makanan itu tidak memiliki laktosa tetapi manfaatnya sama seperti susu dan keju

Jus

Jus yang manis kemungkinan besar mengandung terlalu banyak gula. Itu tentu mengurangi kadar serat yang ada di dalam buah yang utuh. Dengan begitu, pelepasan insulin pun melambat. Karena hal tersebut, jerawat akan lebih mudah muncul pada kulit kita. Jadi, jika kita menurunkan asupan gula, kulit pasti akan terlihat lebih berkilau,” jelas dr. Lipman.