Bagi Para Workaholic, Ayo Batasi Diri dari Pekerjaan dengan Cara Ini

By Hinggar, Kamis, 24 Mei 2018 | 11:00 WIB
Cara untuk Para Workaholic Agar Dapat Membatasi Pekerjaan (istock)

NOVA.id - Mungkin salah satu dari kita adalah penggila kerja.

Bagi para workaholic mungkin karir adalah hal yang penting, tetapi keluarga dan teman-teman serta kebutuhan pribadi juga tidak kalah pentingnya.

Sadarkah bahwa kita akan banyak kehilangan kenangan terbaik bersama lingkungan saat kita menghabiskan waktu dengan pekerjaan kita?

(Baca juga: Ssttt... Pria dengan 5 Zodiak Ini Ternyata Seorang Good Kisser!)

Jadi mungkin ini saatnya untuk kita para pecinta kerja untuk istirahat sejenak, dan menikmati waktu untuk diri kita.

Mungkin tips ini bisa dilakukan untuk menghentikan kegiatan kerja kita :

  1. Batasi jam kerja kita

Kita mungkin memiliki banyak hal untuk bekerja selam 11-12 jam perhari, tapi hal ini akan berakibat buruk untuk kita.

Batasi shift kita menjadi normal, atau sedikit diatas rata-rata shift normal.

Jangan menjadi orang yang pertama datang dan terakhir pulang saat bekerja.

Usahakan kita selaras dengan jam tubuh alami kita.

(Baca juga: Salah Mengatur Keuangan di Usia 20-an Bisa Membuatmu Kesulitan di Masa Depan)

  1. Dapatkan Hobi

Apa yang kita lakukan setelah bekerja? 

Temukan kesenangan kita, bersepeda, seni, atau apapun, temui orang-orang yang memiliki semangat yang sama dan bergaul dengan mereka.

Kita biasanya melupakan olahraga karena kesibukan kerja kita.

Kenapa tidak mencoba metode baru saat bertemu klien, daripada makan malam bersama, kenapa kita tidak mengundangnya untuk melakukan olahraga seperti lari atau spin?

(Baca juga: Jangan Patah Hati, Selain Harry Sejumlah Pangeran Ini Juga Tampan)

  1. Berhenti

Jika kita sudah berada di rumah dan bersama keluarga, atau berlibur dan menghadiri suatu acara, jangan biarkan pikiran dan jari kita mengembara tentang kantor.

Nikmati di mana, apa yang kita lakukan dan dengan siapa kita sekarang.

(Baca juga: GWK Menjadi Tertinggi Kedua di Dunia, Berikut Fakta 7 Patung Tertinggi di Dunia)

  1. Ambil istirahat makan siang kita setiap hari

Kita sering melewatkan makan siang hanya karena pekerjaan.

Jadi, mulai sekarang sempatkanlah untuk melakukan makan siang.

Meninggalkan meja kita selama 15 menit tidak akan berdampak buruk pada kinerja kita.

Sebaliknya itu akan memberikan energi baru untuk proyek selanjutnya.

(Baca juga: Rambut Kering dan Rusak? Atasi dengan 3 Resep Masker Rambut Alami Ini)

  1. Batasi perfeksionisme kita

Hasil kita harusnya luar biasa, tapi kita melakukan itu selama 24/7.

Ini tidak baik untuk diri kita, kita adalah manusia, bukan robot.

Kurangi sifat perfeksionisme kita, karena terlalu menjadi sempurna membuat orang tidak akan peduli.

(Baca juga: Berkaca dari Adara Taista, Mari Deteksi Dini Kanker Kulit dengan ABCDE)

  1. Tetap pada kalender pribadi kita

Kita telah melakukan janji untuk bertemu kawan lama saat sekolah, tapi kita ingin menjadwalkan ulang itu karena minggu itu sangat sibuk.

Tapi sebaiknya hindari hal ini, jangan batalkan rencana sosial kita hanya karena pekerjaan.

(Baca juga: Pulau Unicorn, Destinasi ala Negeri Dongeng di Dunia Nyata)

  1. Belajar berkata tidak

Kita mungkin segan ketika harus menolak permintaan orang lain, terutama atasan kita.

Mungkin memang ada saatnya kita bisa menerima apa yang diminta oleh rekan atau atasan kita.

Namun dengan berkata tidak kadang menjadi pilihan terbaik, karena ini akan membuat batas untuk diri sendiri. 

Memahami keterbatasan kerja menjadi penting karena kita juga perlu untuk menjalani gaya hidup yang seimbang. (*)