Punya Konflik dengan Rekan Kerja di Kantor? 5 Cara Ini Bisa Jadi Solusinya

By Hinggar, Minggu, 3 Juni 2018 | 17:00 WIB
NOVA.id - Konflik adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dari sebuah pekerjaan. 
 
Sebuah ide yang buruk jika kita hanya menghindari konflik ini secara terus menerus.
 
Akan lebih baik jika kita merangkul konflik tersebut, dan selesaikan masalahnya, maka kita akan memiliki pengalaman baru dari hal tersebut. 
 
Konflik di tempat kerja bisa terjadi karena timbul kontra, ketegangan, sifat kompetitif, perebutan kekuasaan, ego, kebanggaan, kecemburuan, kinerja yang tidak seimbang, masalah kompensasi, atau adanya hari yang buruk dari seseorang.
 
(Baca juga: Bikin Syok Kampus, Begini Proses Densus 88 Geledah Universitas Riau)
 
Lalu bagaimana bisa kita menangani konflik yang baik di tempat kerja?
 
Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk meredamnya :
 
(Baca juga: Tampil Cantik di Acara Kelulusan Sekolah, Putri Anjasmara dan Dian Nitami Curi Perhatian)
 
 
1. Tentukan perilaku yang bisa diterima
 
Memiliki tujuan kerja yang jelas, sehingga mudah dipahami orang lain, dan komunikasi yang efektif membantu menghindari konflik.
 
Jelas, dan publik akan mengetahui apa yang akan ditoleransi dan tidak.
 
(Baca juga: Nyaaam!! Ini loh Makanan Khas Lebaran dari 5 Negara di Dunia)
 
2. Tekan konflik langsung
 
Cari area yang kemungkinan besar akan menimbulkan konflik, kemudian intervensi hal tersebut dengan cara yang adil, hal ini akan mencegah terjadinya konflik tertentu.
 
Jika ada konflik maka tingkat keparahannya tidak akan terlalu buruk dan mudah ditangani.
 
(Baca juga: Ini 6 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Berminyak, Cobain yuk!)
 
3. Memahami faktor WIIFM (What's In It For Me)
 
Cara lain untuk menghindari konflik adalah bantu orang yang ada di sekitar kita untuk mencapai tujuannya.
 
Kita bisa mempelajari konflik dari pengalaman orang lain, dan saat kita mengalami hal yang sama maka penanganan konflik menjadi lebih mudah.
 
(Baca juga: Takut Berkomitmen? Mungkin Ini Alasannya Kita Takut Menjalin Hubungan)
 
 
4. Faktor Penting 
 
Pilih lahan pertempuran anda, dan hindari konflik demi konflik.
 
Jika masalah itu begitu penting, dan berpotensi menimbulkan konflik, berarti itu adalah hal yang cukup penting untuk diselesaikan.
 
Buka jalur komunikasi dan tutup kesenjangan posisional atau filosofis yang ada.
 
(Baca juga: Psst... 5 Zodiak Ini Ternyata Selalu Punya Mood yang Bagus dan Ceria!)
 
5. Lihat konflik sebagai peluang
 
Sebuah konflik terjadi karena adanya ketidaksepakatan yang terjadi antar anggotanya.
 
Hal ini bisa jadi menjadi kesempatan yang besar untuk kita belajar banyak hal dari suatu konflik.
 
Pendapat yang berbeda juga bisa menjadi keuntungan bagi kita untuk menambah pengalaman dan pembelajaran.
 
Jadi konflik bisa diselesaikan asalkan kita semua mau berkompromi, memberikan pengampunan, punya rasa empati dan mau menjadi pendengar yang baik.
 
Namun, jika kesenjangan posisional masih dipakai untuk menyelesaikan konflik, maka hal ini tidak menjadi pilihan yang terbaik sebagai sebuah penyelesaian. (*)