Gila Kerja? Sebaiknya Lakukan Hal Ini Sebelum Semakin Parah

By Tiur Kartikawati Renata Sari, Selasa, 12 Juni 2018 | 12:45 WIB
Gila Kerja? Sebaiknya Lakukan Hal Ini Sebelum Semakin Parah (sanjeri)

NOVA.id – Adakah diantara Sahabat NOVA yang gila berkerja?

Sebaiknya, kini kita mulai memperhatikan kebiasaan buruk ini dan menguranginya secara perlahan.

Selain pekerjaan, ada banyak aspek kehidupan yang perlu kita perhatikan.

Bahkan kesehatan dapat terancam karena perilaku kita yang gila kerja.

Melansir dari Popsugar.com, ini dia hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebiasaan buruk gila kerja.

Baca juga: Dengan Melakukan Cara Ini, Dijamin Tak akan Mudah Lelah Saat Bekerja

  1. Bertemu dengan Terapis

"Saya sangat merekomendasikan melakukan beberapa pekerjaan pola pikir dengan pelatih atau terapis tentang apa yang mendorong Anda untuk bekerja ketika Anda tidak perlu melakukannya," saran Ashley Stahl, seorang konsultan bisnis terkemuka.

Terapis dapat membantu kita menyortir frustasi, stress, dan perasaan buruk untuk lebih menyeimbangkan kehidupan pekerjaan.

Tidak perlu ragu untuk menemui terapis karena kita mungkin memang benar-benar butuh pertolongan. 

Baca juga: Sudah Sembuhkan Puluhan Ribu Pasien Stroke, Ternyata Ini Dia Cara Kerja Terapi

  1. Batasi Jam Kerja

Kita mungkin tidak sadar telah melampaui jauh dari batas waktu kerja yang sesuai denga aturan perusahaan.

"Berhentilah menjadi orang pertama yang bekerja dan yang terakhir pergi," saran Julie Jansen, seorang pelatih kerja dan penulis buku profesional.

Kebiasaan bekerja melebihi waktu yang ditentukan akan mengancam kesehatan kita secara serius.

Baca juga: Catat! Ini 7 Produk Kecantikan yang Wajib Ada di Meja Kerja Kantor

  1. Batasi Perfeksionisme 

Tidak ada manusia yang sempurna, begitu pula dengan pekerjaan yang dibuat oleh manusia.

Kecenderungan untuk menjadi perfeksionis hanya akan membuat pekerjaan selesai terlalu lama.

Sayangnya, beberapa pekerjaan yang sempurna justru tidak benar-benar diperhatikan.

  1. Cari Hobi

Mencari hobi di luar pekerjaan mungkin membantu kita dari keinginan untuk bekerja ekstra.

Kita bisa bersepeda, melakukan kegiatan seni atau bahkan berkebun untuk mengalihkan perhatian dari pekerjaan.

Tidak perlu terlalu lama, kita bisa memulai mengerjakan hobi sejenak selama 20 menit setiap harinya.

Baca juga: Wah, 6 Zodiak Ini Terkenal Hobi Memanjakan Diri, Benarkah Demikian?

  1. Belajar Berkata Tidak

Sulit untuk mengatakan tidak pada orang lain mungkin menjadi penyebab banyaknya pekerjaan kantor yang harus kita selesaikan.

"Ada saat-saat dalam karir kita di mana kita ingin mengatakan ya untuk segalanya, dan ada saatnya kita merasa perlu untuk mengatakan ya untuk semuanya. Sadarilah bahwa mengatakan tidak ada pilihan dan kadang-kadang bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Tetapkan batas untuk diri sendiri," saran Jancito yang merupakan tokoh konseling pekerja terkemuka.

Keterbatasan kerja bukan hal yang buruk untuk diakukan, justru dengan hal ini membuat hidup kita lebih jauh.

Baca juga: Putri Diana Tolak Mengenakan Barang Merk Chanel, Alasannya Bikin Sedih

Sahabat NOVA, menyukai pekerjaan memang sah-sah saja ya, tetapi kalau sudah berlebihan hingga menyita waktu dan menguras tenaga secara tidak wajar kita harus waspada ya! (*)