Agar Tak Merugi, Ini Dia 3 Tips Mengatur Keuangan Sebelum Mudik

By Healza Kurnia, Selasa, 12 Juni 2018 | 17:15 WIB
Ilustrasi mengatur keuangan ketika mudik (istock)

NOVA.id - Biaya mudik memang menjadi salah satu masalah keuangan yang harus kita atasi dengan cermat, agar pengeluaran tidak membeludak dan mengacaukan kondisi keuangan kita keseluruhan.

Pasalnya, tak hanya kondisi fisik dan mental saja, namun kondisi keungan juga menjadi faktor pendukung selama proses perjalanan mudik.

Saat pulang ke kampung halaman, ada kebutuhan utama yang perlu kitasiapkan, Seperti biaya transportasi termasuk bensin jika menggunakan kendaraan pribadi atau uang tiket jika naik transportasi umum, uang tol, dan tentunya biaya makan selama diperjalanan hingga beberapa kebutuhan lainnya.

Ini dia 3 masalah finansial yang perlu kita perhatikan ketika akan melaksanakan mudik atau pulang kampung berdasarkan penjelasan dari konsultan finansial, Tejasari CFP.

Baca juga:Kamar Mandi Terasa Sempit? Siasati dengan 4 Tips Gampang ini!

1. Biaya Transportasi

Ilustrasi membayar tol (istock)

Ini tentunya dapat diperkirakan.

Jika kita menggunakan kendaraan pribadi, hitung dulu berapa besar uang yang harus disiapkan untuk membeli bensin dan berapa biaya tol untuk pulang pergi.

Kalau perlu, kita masukkan anggaran untuk servis dan pengecekan mobil sebelum melakukan perjalanan mudik, agar perjalanan kita bisa aman.

Namun, jika menggunakan transportasi umum kita bisa masukkan anggaran biaya tiket.

Jangan lupa, masukkan pula anggaran makan dan minum selama di jalan.