Awas, Terlalu Keras Berlatih Agar Tubuh Jadi Kekar Bisa Berbahaya!

By Healza Kurnia, Kamis, 26 Juli 2018 | 12:45 WIB
Ilustrasi workout agar tubuh bugar (istock)

NOVA.id - Mungkin lagi “ngetren” bagi sebagian diantara kita berolahraga ternyata tak cukup agar sehat dan singset, tapi juga ingin berotot kekar.

Memang akan terlihat keren, sih.

Tapi, apa tak berbahaya berotot seperti itu buat perempuan?

Latihan keras demi mendapatkan tubuh kekar memang akan meningkatkan kebugaran, tapi ternyata belum tentu dengan tingkat kesehatan.

“Tingkat kebugaran yang meningkat tidak selalu sejalan dengan tingkat kesehatan yang dihasilkan. Biasanya dengan peningkatan intensitas latihan, tingkat durasi latihan, ataupun frekuensi latihan akan menurunkan tingkat kesehatan yang bersangkutan,” tegas dr. Michael Triangto, SpKO, yang menjabat sebagai Direktur klinik Slim+ Health, Sports Therapy.

Baca juga: Ngeri, Bayi tanpa Tulang Rusuk Ditemukan di Hutan, Ayah dan Ibunya Diduga Tersangka

Menurut dokter ahli dari kedokteran olahraga ini, memang ada perbedaan yang mendasar antara tingkat kebugaran dan tingkat kesehatan.

Contoh, seorang atlet yang terus-menerus melakukan latihan untuk meningkatkan kemampuannya maka tingkat kebugarannya akan naik.

Namun atlet ini pun dekat dengan cidera dan sakit.

Misalnya saja dia akan lebih mudah flu dan gampang tertular penyakit karena daya tahan tubuhnya juga menurun.

Baca juga: Meski Rendah Kalori, 4 Bahan Makanan Ini Tak Bisa Turunkan Berat Badan

Kenapa bisa begitu? Karena meskipun tingkat intensitas latihannya itu terus ditingkatkan, belum tentu sejalan dengan kemampuan dan kesehatan tubuhnya sendiri.