NOVA.id - Ekonomi Indonesia mengalami laju pertumbuhan yang melambat seiring berkembangnya penyebaran virus covid-19.
Salah satu yang terdampak adalah industri kreatif nasional.
Namun dengan kemajuan teknologi e-commerce, industri ini dapat bertahan di tengah pandemi.
Oleh karena itu, perhelatan pameran clothing lokal yang sudah digelar sejak 2007, Kickfest melakukan pameran online clothing lokal pertama di platform Shopee.
Di tahun 2020 ini, untuk pertama kalinya KICKFEST menggelar pameran clothing lokal dengan format online.
Didukung penuh oleh Shopee sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee Kickfest Online diharapkan dapat menjadi angin segar bagi penggemar clothing lokal dan juga momentum bagi industri brand lokal untuk terus berkreasi di tengah pandemi.
Baca Juga: Jeli Lihat Peluang Bisnis di Tengah Pandemi, Roemah Kebaya Vielga Kebanjiran Orderan
“Melihat perkembangan ekonomi kreatif yang perlahan mulai bergerak, kami melihat momentum ini dapat disesuaikan dengan kondisi di tengah pandemi lewat format online. Dengan dukungan dari Shopee kami berharap pameran clothing dengan format online ini bisa menjadi solusi bagi industri kreatif di tengah masa sulit ini," jelas
Ade Adriansyah selaku Ketua Panitia Kickfest.
Menghadirkan lebih dari 200 brand lokal se-Indonesia, Shopee dan KICKFEST juga memberikan beragam penawaran belanja.
Mulai dari happy hour di mana semua produk terpilih akan mendapat potongan harga sebesar 50% pada jam tertentu, diskon hingga 70%, juga promo gratis biaya kirim. Inilah yang menjadi alasan mengapa Shopee Kickfest Online patut ditunggu bagi para pecinta clothing lokal di Indonesia.
Baca Juga: Tips Bekerja dan Temani Anak Belajar dari Rumah Lebih Efektif
“Semangat yang dijalankan teman-teman Kickfest sesuai dengan misi Shopee untuk tetap terus menggerakkan ekonomi secara kreatif di tengah pandemi. Dengan dukungan teknologi dan inovasi dari Shopee, kami harap acara ini dapat memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan bagi pecinta clothing brand lokal di Indonesia,” jelas Aditya Maulana Noverdi, Public Relations Lead Shopee.
Selain berbelanja, pengguna juga akan disuguhkan beragam aktivitas menarik, dari Kickquiz dengan beragam hadiah, mix and match produk brand lokal, Kickview yang akan mengulas produk-produk terbaik tanah air, hingga Kicktalk sebuah online talkshow dengan beragam topik seru seputar dunia industrI kreatif.
Acara ini akan diselenggarakan selama empat hari, mulai dari 21 Juli hingga 24 Juli 2020 di aplikasi Shopee dan Shopee Live serta platform instagram @kickfestid.
Baca Juga: Adaptasi Kebiasaan Baru, Allianz Life Indonesia Lakukan Inovasi
Acara ini juga diharapkan menjadi semangat baru untuk para pelaku bisnis brand clothing lokal dan meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi yang berdampak kepada ekonomi tanah air.
Pergerakan KICKFEST diawali pada tahun 2007, ketika gabungan (kolektif) beberapa brand lokal yang tergabung dalam “KICK” (Kreative Independent Clothing Kommunity), menggelar acara pertama mereka, KICKFEST di Lapangan Sabuga, Bandung.
Acara itu dianggap sebagai gebrakan dari dunia clothing lokal, untuk industri kreatif secara umum. Karena dalam waktu dua tahun, acara yang tadinya hanya digelar di Bandung, berkembang menjadi berskala nasional dengan menyertakan Yogyakarta dan Makassar dalam rangkaian eventnya.
Baca Juga: Jakarta Book Fair 2020 Digelar Online, Buruan Incar Sebelum Habis!
Sejak saat itulah KICKFEST dipandang sebagai sebuah titik awal kebangkitan industri brand lokal di Indonesia.
Hingga saat ini, KICKFEST terus berkembang, dengan menyajikan beragam brand clothing lokal dari Bandung, Jakarta, Bali, Malang, Surabaya, Yogyakarta, hingga brand-brand yang berada di luar pulau Jawa.
Semangat itu yang kemudian menjadi modal KICKFEST untuk terus berinovasi.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
Penulis | : | Tentry Yudvi Dian Utami |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR