NOVA.id - Selama pandemi Covid-19, pemerintah memberikan bantuan untuk masyarakat dalam berbagai bentuk.
Salah satunya adalah token listrik yang diberikan melalui PLN kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi.
Subsidi listrik tersebut rencananya akan diberikan hingga bulan Desember akhir tahun ini.
Baca Juga: Tak Lagi Terkendala BIaya, Para Guru Optimis Jalankan Pembelajaran Daring
Mengutip Tribun Pontianak, pelanggan bisa mendapatkan token listrik gratis melalui dua cara.
Bisa melalui situs resmi PLN di www.pln.co.id / stimulus.pln.co.id (langsung masukkan ID Pelanggan) dan menggunakan aplikasi chat WhatsApp PLN di 08122-123-123.
Berikut ini adalah cara mendapatkan token listrik gratis:
Situs Resmi PLN
- Login laman www.pln.co.id / https://stimulus.pln.co.id/
- Masukkan ID pelanggan/nomor meteran di kolom yang tersedia
- Kemudian, akan muncul token listrik gratis di layar
- Token listrik gratis tersebut bisa langsung digunakan
Baca Juga: Buka Website Ini dan Ikuti Caranya untuk Cek Kepesertaan BSU Guru Honorer
Chat WhatsApp PLN
- Ketik 'Halo' dan kirim pesan ke WhatsApp PLN 08122-123-123.
- Kemudian, akan muncul balasan otomatis dari PLN yang berbunyi seperti berikut ini.
"Halo Electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA & Diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA Subsidi (sesuai Basis Data Terpadu TNP2K).
Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/ Diskon Stimulus Covid19.
https://wa.me/628122123123 . Hotline PLN (Kode Area) 123"
- Lanjutkan mengetik kode 1.
- Kemudian, PLN akan meminta kita untuk menuliskan ID pelanggan atau nomor kWh meteran.
- Jika ID meteran memenuhi syarat, maka akan mendapatkan token listrik dan bisa langsung digunakan.
- Namun, jika ID meteran listrik pelanggan tidak memenuhi syarat maka akan mendapatkan balasan seperti berikut ini:
"Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA Bersubsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)."
View this post on Instagram
Perangkat Desa
Bagi masyarakat terpencil atau sulit mengakses internet bisa mendatangi perangkat desa terdekat, kemudian meminta perangkat desa untuk mencatat ID PLN dan melaporkan melalui perangkat desa kepada PLN.
Begitu pula bagi pelanggan yang tidak menggunakan Aplikasi WhatsApp.
Langkah terakhir apabila tidak ada internet dan telepon, maka pelanggan bisa mendatangi kantor terdekat di seluruh penjuru Indonesia dengan menyiapkan ID pelanggan.
Baca Juga: Pendaftar BLT UMKM Rp2,4 Juta Membludak, Pemerintah Perpanjang Bantuan hingga Tahun Depan
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Source | : | Tribun Pontianak |
Penulis | : | Ratih |
Editor | : | Widyastuti |
KOMENTAR