NOVA.id - Sebagai seorang karyawan atau pekerja kita pasti ingin dinilai baik oleh atasan dan rekan.
Kita akan membentuk diri kita sebaik mungkin agar bisa dianggap profesional dan baik sebagai seorang karyawan.
Ada kalanya kita terlalu aktif dan seakan menjadi karyawan yang berdedikasi terhadap perusahaan.
(Baca juga: Ingin Tampil Makin Kece di Kantor, Yuk, Gunakan Tas Besar Seperti Ini!)
Beberapa hal ini patutnya kita hindari karena akan menurunkan kredibilitas kita sebagai seorang profesional :
Seharusnya kita bisa menjadi pendengar yang baik untuk rekan dan orang yang menjadi lawan bicara.
Beri orang lain kesempatan untuk bicara, dan jangan potong pembicaraan yang sedang dilakukan.
(Baca juga: Dulu Susah Duduk, Kini Sukses Turunkan Berat 104 Kg, Seperti Apa Penampilannya Sekarang?)
Mungkin ada sebagian dari kita merasa takut tersaingi, hingga harus memata-matai kegiatan rekan kerja, bahkan melaporkannya pada manager.
Atau bergosip mengenai atasan atau rekan kerja lainnya.
Perilaku ini membuat kita seakan berdedikasi terhadap perusahaan.
Namun nyatanya ini hanya menurunkan kredibilitas kita sebagai karyawan.
Karyawan yang efektif adalah yang mampu menyelesaikan pekerjaan mereka selama jam kerja.
(Baca juga: Istri Pertama Robin Wiliams Ijinkan Mendiang Suaminya Berselingkuh, Kenapa ya?)
Ini jelas membuat kita menjadi tidak kredibel terhadap pekerjaan.
Bagaimana ia bisa dipercaya jika untuk menepati janji saja ia lupa.
Tidak ada yang ingin mendengar kita berdebat dengan orang yang ada di ujung telepon.
Jadi, jika ingin melakukan telepon pribadi, lakukan di luar ruangan, jika perlu gunakan pesan teks daripada suara.
Jangan sampai kebiasaan ini menurunkan kredibilitas kita sebagai seorang profesional dan merugikan kita nantinya.(*)
Source | : | Forbes |
Penulis | : | Hinggar |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR