NOVA.ID - Banyak yang mengira bahwa kerja dari rumah akan memberikan ketenangan dibandingkan dengan bekerja dari kantor.
Walau tak salah, namun tak sedikit orang yang justru mengalami kepanikan ketika bekerja dari rumah karena disebabkan oleh banyak faktor.
Artikel ini akan memberi pilihan solusi untuk menjaga kesehatan mental selama bekerja dari rumah.
Baca Juga: Sterililkan Tempat Kerja dan di Rumah Saja Dulu Bareng Tokopedia
Wabah virus corona berdampak bagi seluruh sektor pekerjaan.
Banyak yang akhirnya diminta untuk bekerja dari rumah untuk memutus rantai virus yang bisa disebar ketika berkerumun di kantor.
Meski begitu, sebenarnya kerja dari rumah bukanlah hal baru.
Baca Juga: Tak Punya Ruang Kerja di Rumah? Yuk, Pakai 4 Tips Ini agar Hunian Jadi Tempat Kerja Produktif!
Studi dari Fast Company menunjukkan bahwa hampir seluruh responden survei menginginkan remote work atau kerja di luar kantor.
Meski begitu, Kebin Gilliland, seorang psikologis mengungkapkan bahwa kerja dari rumah sebenarnya sulit.
Hal ini karena di rumah kita akan menemui banyak distraksi yang berbeda dengan di kantor atau tempat kerja.
Baca Juga: Hamil Besar, Tya Ariestya Tetap Produktif hingga Luncurkan Lipcream yang Aman Bagi Ibu Hamil
Apalagi jika ada banyak orang yang memiliki aktivitas lain selain bekerja.
Hal ini membutuhkan adaptasi jika kita baru pertama kali bekerja dari rumah.
Maurya Glaude, PhD, seorang asisten profesor di Universitas Tulane menyarankan pekerja untuk mengatur rutinitas mereka.
Baca Juga: Latih Diri Jadi Pribadi yang Lebih Produktif dengan 5 Hal Ini, Lakukan Sekarang!
Tips pertama ini digunakan untuk saat adaptasi bekerja di rumah.
Meski begitu, para pekerja juga perlu mempertimbangkan hal-hal lain di rumah yang perlu di urus.
Dengan mengatur rutinitas tersebut, pekerja kemungkinan besar tidak akan banyak terdistraksi dan bisa lebih produktif.
Baca Juga: Ubah Desain Ruang di Rumah agar Kerja Lebih Produktif dengan 4 Cara Ini
Kedua, atur waktu untuk tidak terdistraksi dengan sosial media di telepon genggam.
Arus informasi yang tidak terkontrol kadang menyebabkan kita menjadi overwhelmed atau bahkan panik.
Pentingnya mengatur waktu membuka smartphone akan membuat kita lebih produktif.
Baca Juga: Ubah Desain Ruang di Rumah Agar Lebih Produktif dengan 4 Tips Ini!
Ketiga, tentukan kebutuhanmu untuk berinteraksi dengan rekan kerja.
Kerja bisa jadi lebih efektif ketika kita berkomunikasi dengan orang lain.
Maka dari itu, manfaatkan aplikasi chat, video call untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.
Baca Juga: Kerja di Rumah? Yuk, Ubah Desain Ruang Agar Lebih Produktif dengan 4 Tips Ini!
Yang terakhir, jangan lupakan kebiasaan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental.
Olahraga, makan makanan yang sehat dapat membantu untuk semakin produktif namun kesehatan mental tetap terjaga.
Memang kerja dari rumah bisa membuat panik jika baru pertama kali dilakukan dan kondisi rumah tidak kondusif.
Baca Juga: Siapa Bilang Bekerja di Rumah Bikin Tak Produktif? Inilah Faktanya
Oleh karena itu, pentingg untuk mempelajari celah dan membuat rutinitas yang paling cocok dengan gaya kita masing-masing.(*)
Sahabat NOVA, jangan sampai ketinggalan berita dan informasi terbaru dan menarik soal selebriti dan dunia perempuan di Tabloid NOVA, ya. Dapatkan edisi terbarunya dengan berlangganan, tinggal klik https://www.gridstore.id/brand/detail/25/nova.