Waspada, Begini Tanda-tanda Daya Tahan Tubuh Sedang Menurun

By Content Marketing, Kamis, 3 Desember 2020 | 22:19 WIB
Ilustrasi imun tubuh menurun (Freepik)

Nova.id – Di tengah kondisi pandemi saat ini, menjaga sistem imun tubuh agar tetap optimal dan prima, menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Melalui sistem imun yang baik, berbagai ancaman penyakit maupun virus, dapat dicegah sejak dini.

Semakin rendah imunitas seseorang, maka risiko terjangkit penyakit pun semakin tinggi. Meski begitu, setidaknya terdapat beberapa cara untuk mengetahui apakah imun tubuh sedang dalam kondisi prima atau tidak.

Semakin cepat gejala ini ditangani, maka semakin cepat pula tindakan pencegahan dapat dilakukan. Dilansir dari Grid.id, berikut lima gejalanya. 

Stres

Stres memang kerap menyerang siapa saja, penyebabnya pun beragam. Kelelahan fisik maupun psikis sering menjadi alasan di balik munculnya gejala ini. Jika Sahabat Nova mulai mengalami stres dalam jangka waktu panjang, maka imun tubuh bisa saja ikut menurun.

Baca Juga: Masker Berkatup Pernapasan Tidak Ampuh Cegah Corona, Begini Penjelasannya

Oleh sebab itu, ada baiknya Sahabat Nova mulai meluangkan waktu sejenak untuk melakukan meditasi, berolahraga ringan di dalam rumah, hingga mencuri waktu untuk melakukan hal yang disenangi guna mengembalikan imun tubuh secara bertahap.

Pilek dan meriang

Meski pilek dan meriang bisa sembuh dalam hitungan hari, tetapi sistem kekebalan tubuh tetap memerlukan waktu 3-4 hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan patogen.

Namun, jika kondisi ini terjadi dalam waktu lama, ini berarti kondisi imun tubuh sedang terganggu dan kesulitan dalam mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi.

Solusinya, Sahabat Nova harus rutin beristirahat dengan cukup dan mengonsumsi vitamin sebagai sumber pendorong imunitas tubuh.

Baca Juga: Sukses Road Trip, Meira Anastasia dan Ernest Prakasa Bagikan Tips Liburan di Masa Pandemi