Cara Memilih Hewan Kurban, Berikut Tips Menyimpan dan Mengolahnya

By Dinni Kamilani, Jumat, 28 Mei 2021 | 10:33 WIB
Direktur PT. Daya Desa Asasta dan Founder Daya Desa Farm- Desa Punya, Bayu Purnama Alam membagikan tips memilih hewan kurban yang tepat. (dok. Desa Punya)

NOVA.id - Idul adha tinggal menghitung hari. Bagi umat Muslim yang memiliki rezeki berlebih untuk berkurban, harap hati-hati ya dalam memilih hewan kurban.

Harga dan kualitas hewan kurban harus diperhatikan betul agar ibadah kurban menjadi lebih lancar.

Direktur PT. Daya Desa Asasta dan Founder Daya Desa Farm- Desa Punya, sebuah perusahaan yang memberdayakan petani lokal Jawa Barat, Bayu Purnama Alam membagikan tips memilih hewan kurban yang tepat.

Baca Juga: Wah, Ini Tips Mudah Masak Daging ala Chef Chandra Yudasswara, Lezat!

Bayu mengacu pada syarat hewan kurban dalam Islam antara lain hewan kurban harus jantan, cukup umur, tidak sakit dan tidak cacat.

“Konsumen juga harus paham jenis hewan kurbannya. Nantinya, jenis hewan yang dipilih akan berpengaruh dengan sisi kebermanfaatan dagingnya. Seperti contoh, ada jenis sapi simental atau sapi limosin. Bobotnya bisa konsumen pilih,” ujar Bayu, kepada NOVA.

Selain membagikan tips memilih hewan kurban, Bayu juga memberikan tips menyimpan dan mengolah daging kurban secara baik.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini Tanda dari Tubuh saat Terlalu Banyak Makan Daging!