Begini Cara Mengatasi Cedera Olahraga Bulu Tangkis yang Viral

By Maria Ermilinda Hayon, Rabu, 27 Juli 2022 | 08:00 WIB
Cara Atasi Cedera Olahraga Bulu Tangkis (Edwin Tan)

NOVA.id - Tahu cara mengatasi cedera olahraga itu penting untuk kita yang hobi atau baru mau mencoba olahraga bulu tangkis.

Apalagi saat ini euforia olahraga bulu tangkis di Indonesia tengah memanas sehingga pengetahuan akan cara mengatasi cedera olahraga perlu ditingkatkan.

Meski menyenangkan dan memicu semangat, jangan sampai asal main hingga terjadi cedera dan kebingungan cara mengatasi cedera olahraga yang diderita.

Bisa bahaya.

Bulu tangkis termasuk kategori olahraga high impact dengan gerakan yang dinamis, kombinasi antara reli-reli pendek dan reli-reli panjang.

“Makanya, pemain bulu tangkis membutuhkan kebugaran aerobik atau kebugaran kardiorespirasi untuk dapat bermain dengan durasi permainan tiga set,” ujar dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.KO., Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari Sport Medicine, Injury, Recovery Center (SMIRC) Rumah Sakit Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Tak hanya itu, pemain bulu tangkis juga memerlukan kecepatan, tenaga atau power, serta kelincahan yang cukup baik.

Pasalnya olahraga ini dipenuhi gerakan kompleks sesuai dengan tempo permainannya.

Itulah mengapa jika tidak berhati-hati, kita rentan mengalami cedera otot, sendi, ligamen, hingga tendon, saat tengah bermain.

Baca Juga: Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat Untuk Menghindari Cedera

Nah, menurut dr. Antonius, ada beberapa cedera yang sering terjadi dan sangat perlu diwaspadai.

Mulai dari cedera bahu karena gerakan overhead atau mengayun yang cepat dan berulang.