Catat! Ini 6 Pengaruh Kesehatan Pencernaan Pada Performa Olahraga

By Maria Ermilinda Hayon, Rabu, 17 Mei 2023 | 07:05 WIB
Pengaruh Kesehatan Pencernaan Pada Performa Olahraga (chanakon laorob)

NOVA.ID – Apakah Sahabat NOVA tahu pengaruh kesehatan pencernaan bagi performa olahraga?

Tenyata, ada banyak manfaatnya, lo, dalam menjaga keseimbangan bakteri usus dan ini bisa berdampak baik bagi kesehatan secara menyeluruh.

Bagi kita yang sedang menjalani program diet wajib banget mengetahui hal ini.

Sistem pencernaan tubuh memang penting dalam mencerna makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel.

Sayangnya, belum banyak dari kita yang memahami hubungan antara sistem pencernaan dan performa olahraga.

Apalagi, program diet saat ini, sebagian besar terdiri dari makanan olahan, lemak jenuh, gula, dan rendah serat.

Studi menunjukkan bahwa jenis diet ini mengurangi bakteri bermanfaat dalam sistem tubuh kita, sehingga membuat usus sulit menyerap nutrisi dan meningkatkan peradangan di seluruh tubuh.

Hal ini tidak hanya menyebabkan produksi zat peradangan di usus, tetapi juga menyebabkan peradangan sistemik di tubuh dan mempengaruhi fungsi otak—keduanya menghambat performa olahraga dan pemulihan.

Michelle Ricker, Director, Worldwide Health Education and Training Herbalife, mengatakan bahwa ketika berbicara tentang performa olahraga, bakteri usus, yang dipengaruhi oleh diet seseorang, mempengaruhi seberapa baik performa olahraga dan seberapa cepat masa pemulihan.

“Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga mencegah pertumbuhan bakteri buruk di seluruh tubuh, sehingga membantu tubuh mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan,” ungkap Michelle Ricker.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 6 pengaruh kesehatan pencernaan pada perorma olahraga yang bisa kita pelajari.

Baca Juga: Tetap Makan Nasi dan Mie, Diet ala Ussy Sulistiawaty Ampuh Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan