Ini Dia, Modal Awal Meraih Kesuksesan

By nova.id, Senin, 22 September 2014 | 06:48 WIB
Ini Dia Modal Awal Meraih Kesuksesan (nova.id)

Ini Dia Modal Awal Meraih Kesuksesan (nova.id)

"Maya Arvini dalam peluncuran bukunya, Career First (foto: MAYAARVINI.COM) "

TabloidNova.com - Untuk mencapai sukses bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak hal yang menunjang pencapaian kesuksesan. Ini sesuai dengan pengalaman Maya Arvini,  seorang senior manajer di perusahaan multinasional yang bergerak di bidang TI. Dalam buku pertamanya, Career First, terbitan Gagas Media, Maya menuturkan modal awal mencapai kesuksesan dalam hidup.

"Modal awalnya adalah diri kita sendiri," ujarnya. "Kitalah yang mengendalikan jalan hidup melalui apa yang kita lakukan sepanjang perjalanan mewujudkan mimpi." Selain diri sendiri, Menurut Maya, berikut hal-hal yang diperlukan sebagai modal awal meraih sukses.

1. Memiliki Tekad

Untuk mencapai kesuksesan, perlu adanya tekad yang besar untuk meraihnya. Seperti halnya tidak ingin melihat wajah orangtua kita kecewa ataupun ingin memiliki hidup yang lebih baik dari orangtua kita. Sehingga kita dapat menjalani segala tantangan yang nantinya akan bermunculan.

2. Menentukan Prioritas

Pergaulan memang sering membuat kita terlarut dalam kesenangan sementara, yang sering sekali tidak memberikan manfaat bagi kita. Tetapi itu adalah proses pencarian identitas diri yang dengan sendirinya harus dialami. Namun untuk mewujudkam impian sukses, sedari muda kita harus menetapkan fokus dan tekad yang kuat demi mencapai tujuan. Kuncinya adalah, mulailah tentukan prioritas dalam kehidupan.

3. Disiplin dan Fighting spirit

Untuk mencapai kesuksesan memang tidak mudah. Butuh pengorbanan yang tak sedikit. Maya misalnya, mengorbankan waktu bergaul dan senang-senangnya dan mencurahkan upaya ekstra dalam belajar. "Karena dengan begitu akan membuat diri Anda menjadi seorang pekerja keras, yang akan membuat Anda disiplin dan memberikan diri Anda fighting spirit yang besar," kata Maya. Ia juga pantang menyerah, karena jika lengah, maka semuanya akan berantakan.

4. Mengenal kegagalan

Tidak ada yang suka dengan kegagalan, tapi hal ini menjadi sesuatu yang Anda perlukan sepanjang jalan menuju sukses. Mengingat kegagalan akan membuat Anda menjadi semakin matang dalam menempuh jalan menuju kesuksesan. Ibarat permainan sepakbola, satu-satunya cara menghadapi kegagalan adalah menerima kenyataan tembakanmu meleset, lalu mundur mengatur barisan sehingga kamu mencoba menembakkan gol lagi (segera bangkit dari kegagalan). Karena kegagalan adalah peluang tak tergantikan untuk berinstropeksi dan mengatur strategi.

5. Passion dan Life Interest