1/15 Coffee: Aroma Kopinya Beda-beda

By nova.id, Sabtu, 12 Juli 2014 | 06:29 WIB
1 15 Coffee Aroma Kopinya Beda beda (nova.id)

TabloidNova.com - Menikmati secangkir kopi menjadi bagian dari gaya hidup urban. Tempat ngopi bermunculan dengan berbagai konsep dan menawarkan keunggulan menu kopi masing-masing. Mau cari tempat ngopi baru  yang asyik? Mampir dulu yuk, ke 1/15 Coffee.

Eksperimen Biji KopiTerletak di Jl. Gandaria I/63, Jakarta Selatan, coffee shop ini menyambut pelanggan dengan area yang terkesan lapang. Di 1/15 Coffee (dibaca One Fifteenth Coffee/OFC), pelanggan tak akan menemukan aroma kopi yang sama di tiap minggunya lantaran barista-barista yang ahli di sana gemar bereksperimen dengan biji kopi terbaik asal Indonesia maupun biji kopi kelas dunia.

Menu kopi yang terbilang simpel pun membuat pelanggan penasaran untuk mencicipi tiap pilihan yang ada. Selain itu, pelanggan dapat melihat kopi yang diolah dengan manual brewing yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Begitupun dengan suasana nyaman yang membuat Anda tak ingin buru-buru beranjak.

Astrid Karina, supervisor 1/15 Coffee, mengatakan memang sengaja menyajikan kopi secara natural, tanpa tambahan gula. "Ini agar mereka yang datang benar-benar bisa menikmati kopi kami. Kalaupun ada campuran, bisa disajikan dalam bentuk coffee with natural milk."

Selain deretan menu kopi yang bisa dinikmati di tempat, pelanggan dapat juga membeli kopi bubuk dalam bentuk kemasan. Sebagai informasi dan edukasi, di kemasan terpampang jenis varietas kopi, asal perkebunan, dan negara penghasil. Kelebihan lain yang dimiliki adalah dengan suasana coffee shop yang hommy, pelanggan dan barista dapat berinteraksi langsung.

"Barista kami punya kemampuan berbagi pengetahuan pada konsumen. Interaksi ini membuat tak ada jarak di antara konsumen dan barista," papar Astrid yang menjelaskan nama 1/15 terinspirasi dari pemahaman rasio 1 gram kopi dipadukan dengan 15 ml air dalam penyeduhan kopi.

Selain itu, untuk menikmati kopi lebih jauh 1/15 Coffee kerap mengadakan public cupping. "Tujuannya untuk membanding-bandingkan dan mempelajari rasa dan aroma kopi," ujar Astrid lagi.

Tak hanya menyajikan menu untuk orang dewasa, 1/15 Coffee juga menyediakan menu babycino dan kids chocolate bagi pelanggan anak-anak.

Ade Ryani