Original Klappertart

By nova.id, Selasa, 18 September 2012 | 02:45 WIB
Original Klappertart (nova.id)

Bahan A:500 ml air kelapa40 g tepung terigu25 g tepung maizena125 g gula pasir75 g mentega½ sdt vanili100 ml susu kental manis3 bh kuning telur25 g kenari, cincang25 g kismis150 g daging kelapa muda, iris panjang

Bahan B:3 bh putih telur50 g gula pasir10 g tepung terigu2 sdt kayumanis bubuk

Cara Membuat:1. Campur 250 ml air kelapa dengan semua tepung, aduk sampai larut, dan sisihkan.2. Campurkan sisa air kelapa, gula pasir, mentega, dan vanili, masak sampai mendidih. Masukkan larutan tepung, masak sampai adonan mengental.3. Tambahkan susu kental manis, aduk rata.4. Ambil sedikit adonan, campur rata dengan kuning telur. Tambahkan kenari, kismis, dan kelapa muda, aduk rata.5. Tuang adonan di pinggan tahan panas yang sudah diolesi margarin. Panggang di oven bersuhu 180 derajat Celsius selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.6. Bahan B: Kocok putih telur hingga mengembang, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga kaku. Tambahkan tepung terigu, aduk rata.7. Tuang adonan putih telur di atas adonan klappertart, taburi kayumanis bubuk. Panggang kembali di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 15 menit atau sampai klappertart berwarna kecokelatan. Dinginkan.8. Simpan di dalam lemari es dan sajikan selagi dingin.

5 Porsi 40 Menit

Tips: Selesai dikerok, rendam daging kelapa muda di air kelapa supaya warna tidak berubah gelap. Tiriskan daging kelapa muda saat akan dicampurkan ke dalam adonan.

Resep: Nuraini W, Uji Dapur: Yulia, Penata Saji: T. Firta Hapsari, Foto: Fadoli Barbathully/NOVA