Petite Cheesecake

By nova.id, Sabtu, 4 Desember 2010 | 17:05 WIB
Petite Cheesecake (nova.id)

Bahan:1 bks biskuit speculaas, hancurkan100 gr mentega tawar, lelehkan

Isi:450 gr cream cheese, biarkan dalam suhu ruang100 gr sour cream120 ml madu1 sdm gula kastor2 btr telur½ bh kulit jeruk lemon½ bh kulit jeruk navel1 sdm air lemon150 gr mixed fruit75 gr dark cooking chocolate, cincang masukkan ke dalam freezer

Hiasan:50 gr almond iris, panggang matang½ sdm icing sugarsejumput kayu manis

Cara Membuat:1. Siapkan loyang bongkar pasang (spring form) 20 cm. Bungkus bagian luar alas loyang dengan aluminum foil untuk menjaga agar air tidak masuk. Kemudian siapkan kembali loyang atau pinggan tahan panas datar. Isi dengan air setinggi 2 cm. Panaskan oven hingga bersuhu 150 derajat C.2. Campur biskuit dan mentega hingga rata. Masukkan ke dalam loyang, ratakan dengan sendok hingga padat di dasar loyang. Masukkan ke dalam lemari pendingin.3. Isi: kocok cream cheese hingga lembut, masukkan sour cream, madu, gula. Kocok kembali hingga rata, Masukkan telur satu per satu sambil dikocok, lalu masukkan kulit jeruk lemon, kulit jeruk navel, dan air lemon. Aduk rata.4. Masukkan mixed fruit dan dark cooking chocolate, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, ratakan.5. Letakkan loyang di dalam loyang atau pinggan tahan panas berisi air. Panggang hingga matang, kurang lebih 1 jam. Bila bagian tengah masih sedikit basah, biarkan asal seluruh cake sudah agak padat. Matikan api, biarkan cheesecake agak dingin di dalam oven. Dinginkan.6. Simpan dalam lemari pendingin minimal 8 jam sebelum dihidangkan. Hias sesuai selera dengan almond iris panggang dan icing sugar dan kayu manis di atasnya.

Untuk 10 Orang

Tips:"Inapkan" cheesecakesemalaman agar lebih padat dan menyatu sehingga mudah dipotong.Agarcheesecaketerpotong mulus, celupkan pisau ke dalam air panas terlebih dahulu.

Resep: Ambarini, Penyusun: Nuraini W, Penata Saji: T.Firta Hapsari, Foto: Fadoli Barbathully