Tim SAR Berupaya Keras Lakukan Evakuasi

By nova.id, Jumat, 11 Mei 2012 | 06:27 WIB
Tim SAR Berupaya Keras Lakukan Evakuasi (nova.id)

Tim SAR Berupaya Keras Lakukan Evakuasi (nova.id)

"Kepala Basarnas Marsya Daryatmo (Foto: Moonstar Simanjuntak) "

Kepala Basarnas, Marsdya Daryatmo, menjelaskan, Tim SAR saat ini sedang berupaya keras  menemukan titik tempat jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet-100. Dikatakan Daryatmo, saat ini Tim-SAR sudah hampir sampai di tempat jatuhnya pesawat.

 Meski cuaca tidak terlalu mendukung, namun Tim-SAR sedang mengupayakan dua jalur untuk pengevakuasian, yaitu jalur darat maupun udara. Untuk jalur darat, tim sekitar  50 meter lagi sampai di tempat kejadian. "Sudah mau sampai, kurang lebih 50 meter lagi. Tim kami masih berupaya keras," ujarnya saat ditemui di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Jumat (11/5).

 Dikatakan Daryatmo, selain mempersiapkan jalur darat, 5 helikopter sudah standby dan siap mengangkut korban, baik masih hidup atau tidak bernyawa. Untuk mempercepat pengevakuasian, tim-SAR pun sudah menyiapkan helipad sejak kemarin.

 "Sekitar lokasi sudah ada helipad di sana, tapi di lokasi kejadian kami belum berhasil bikin karena tim kami belum sampai di sana," jelasnya.

 Untuk mempercepat pengevakusian ini, Tim-SAR dibantu oleh berbagai kesatuan. Diantaranya angkatan darat, marinir, dan kepolisian. Semuanya bergerak untuk mengevakuasi korban.

 "Kami sudah bekerjasama dengan banyak pihak karena keterbatasan peralatan. Helikopter SAR sudah menunggu di Cijeruk, PMI sentul, helikopter angkatan udara di sini, dan helikopter kepolisian di Bogor. Semuanya standby untuk pengevakusian," ungkapnya.Icha