Mengenal 8 Jenis Labu yang Kaya Manfaat

By nova.id, Selasa, 18 Agustus 2015 | 08:31 WIB
Mengenal berbagai jenis labu. (nova.id)

Labu adalah satu jenis buah sayur yang paling diremehkan mungkin karena harganya yang murah. Tetapi sangat disayangkan jika Anda belum tahu betapa banyak manfaat dari kandungan gizi yang ada pada labu. Nah, agar kita tahu seluk-beluk dan jenis-jenis labu, ada baiknya kita mengenal lebih dekat dengan tanaman yang menjalar ini.

Ada banyak labu yang kita kenal termasuk keluarganya. Berikut adalah jenis-jenis labu yang perlu kita tahu.

1. Labu Siam

Labu siam bisa juga disebut jipang atau jepan. Labu ini biasanya dimakan bagian buah dan pucuk daun yang muda. Tumbuhan yang biasa dibudidayakan di pekarangan dekat kolam atau tempat penampungan air ini sering disajikan dalam berbagai macam olahan sayur selain bisa juga dijadikan manisan.

2. Labu Kuning atau Labu Parang

Labu yang menjadi simbol saat perayaan pesta Halloween ini sering disebut sebagai rajanya beta karoten. Pasalnya, karena kandungan beta karoten dalam labu kuning ini sangat tinggi. Orang-orang luar biasanya menyajikan labu kuning sebagai sup kental yang diolah dengan krim gurih. Tapi di negeri kita, labu kuning bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam sayur dan kudapan yang sangat beraneka ragam, atau dijadikan kolak labu.

3. Labu Air

Labu air muda dapat diolah menjadi sayur, sementara jenis labu air yang sudah tua, kulit buahnya yang keras bisa dijadikan wadah untuk air minum. Labu air masih kerabat dekat dengan bligo, rasanya pun mirip. Bentuk buahnya pun bervariasi mulai dari membulat hingga lonjong memanjang. Tumbuhan ini diketahui sebagai tanaman budidaya tertua, meski bukan untuk tanaman pangan melainkan sebagai alat rumah tangga.

Beberapa khasiat yang dimiliki oleh jenis labu air di antaranya adalah mampu menurunkan suhu tubuh yang tinggi, mengatasi penyakit flu, mengobati sariawan, menyembuhkan penyakit typus, mengobati penyakit asma, dan bagi perokok labu air juga mampu membersihkan paru-paru dari pengaruh nikotin.

4. Labu Pahit atau Pare

Pare atau paria termasuk jenis labu-labuan yang memiliki rasa sangat pahit. Namun di balik rasa pahitnya, pare atau yang sering disebut pare ayam, memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat buah pare antara lain meningkatkan imunitas, menyembuhkan gangguan pernapasan, mengatasi jerawat, membantu mengobati diabetes, dan mencegah penyakit jantung.

5. Labu Ular atau Pare Belut