Manajemen Dapur Pintar

By , Rabu, 9 September 2015 | 08:50 WIB
Tips Dapur (Foto: Istock) (Nova)

Tabloidnova.com - Ada serangkaian proses yang harus diperhatikan dalam memahami esensi manajemen dapur.

Menyusun Menu

Sebelum berbelanja bahan makanan, Anda harus terlebih dahulu menyusun menu sehingga dapat mengontrol belanja sesuai kebutuhan, efisien, dan cermat. Agar lebih mudahnya, kita menyusun menu dalam seminggu. Misalnya kesempatan kita berbelanja adalah tiap hari Sabtu, maka kita susun menu harian dimulai dari hari Minggu hingga hari Sabtu minggu depannya.

Membuat Daftar Belanja

Berpatokan dari daftar menu yang telah disusun, Anda bisa membuat daftar belanja. Bila daftar belanja sudah tersusun dengan baik, baru Anda ke pasar atau supermarket untuk berbelanja. Bahkan Anda juga bisa membuat kalkulasi pengeluaran dalam seminggu.

Menyiapkan Bumbu Jadi

Paling memakan waktu dalam memasak adalah menyiapkan bumbu. Apalagi masakan tradisional Indonesia biasanya kaya akan bumbu. Nah, agar Anda tidak repot dan menghabiskan banyak waktu saat harus memasak, siapkan dulu beberapa bumbu jadi yang dibuat sendiri. Yang paling mudah adalah menyiapkan bawang putih giling, bawang merah giling, serta cabai giling.

Menyiapkan Bahan Makanan

Selain bumbu, bahan makanan lain pun harus disiapkan. Agar lebih praktis, semua sayuran dikelompokan berdasarkan menu yang akan dibuat. Kemudian kupas, cuci, dan potong-potong. Lalu kemas dalam kantong plastik dan beri label sesuai dengan nama menu makanan. Cantumkan juga tanggal Anda berbelanja dan simpan dalam lemari es agar tetap terjaga kualitas bahan makanan.

Menentukan Jadwal Memasak

Bagi Anda yang memiliki waktu sangat terbatas di rumah, harus pandai membagi waktu antara urusan dapur dan urusan keluarga. Ada dua waktu yang terbaik untuk memasak bagi para ibu bekerja, yaitu sepulang bekerja dan pagi hari sebelum berangkat bekerja. Kita bisa memilih salah-satunya. Tapi jangan menggunakan kedua waktu tersebut untuk dapur agar Anda juga memiliki waktu luang untuk keluarga.

Variasi Menu