Selain Lingkungan, Ini 3 Hal yang Membuat Berat Badan Kita Terus Naik

By Alsabrina, Minggu, 15 Juli 2018 | 15:00 WIB
naiknya berat badan (KittisakJirasittichai)

NOVA.id – Obesitas alias sangat gemuk menjadi salah satu dari 10 faktor utama yang berkontribusi pada beban penyakit di 2016.

Padahal, masyarakat modern saat ini hidup dalam lingkungan yang termasuk Obesogenic Environment (lingkungan penyebab obesitas).

"Ada istilah Obesogenic Environment, sebuah lingkungan dimana tanpa kita melakukan apapun lingkungan tersebut sudah membuat kita tidak sehat atau menumpuk lemak lebih banyak," kata Head of Health Committee Nutrifood, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC.

Generasi millenial termasuk generasi yang terpapar Obesogenic Enviroment. Apalagi, millenial adalah generasi pertama yang sejak kecil sudah rentan terpapar obesitas.

Aldis menambahkan, ada beberapa kondisi yang berkontribusi pada obesitas ini.

Baca juga: Miris! Idap Kanker Langka, Remaja Ini Tak Mendapatkan Perhatian Khusus

  1. Kurangnya aktivitas fisik

Minimnya aktivitas fisik masyarakat kekinian menyumbang risiko obesitas. Sekilas kita mungkin melihat peningkatan tren olahraga di kota-kota besar.

Namun, tak semua yang pergi ke gym atau berolahraga memang melakukannya dengan serius. Banyak juga yang mendaftar ke klub kebugaran karena tuntutan gaya hidup.

"Ada yang merasa ngetren karena olahraga. Ada pula yang melakukan olahraga agar bisa menikmati makanan sebebas-bebasnya sebagai reward setelah berolahraga," ujarnya.

Baca juga: Cantik! Ini Dia 3 Inspirasi Busana yang Bisa Dikenakan Saat Shopping