NOVA.id - Produk lokal Camille Beauty menjadi brand skincare dengan penjualan masker wajah tertinggi di Shopee dan Tokopedia pada periode Agustus-September 2021 dengan pangsa pasar sebesar 11,9%.
Produk pertama dan andalan Camille Beauty yakni masker organik telah berhasil terjual lebih dari 700 ribu unit per bulan.
Pencapaian brand Camille Beauty ini tak lepas dari usaha dan kerja keras orang-orang yang ada di belakang layar.
Baca Juga: Bisnis Kecantikan Berawal dari Hobi, Ini Kisah di Balik Gladios Store
"Merupakan pencapaian tersendiri melihat posisi Camille Beauty saat ini. Kami telah sukses meluncurkan 6 varian masker organik, Little Pop Face Mist, dan Strawberry Yoghurt Body Scrub," ujar Nadya Shavira, pendiri dan CEO Camille Beauty dalam keterangan yang diterima NOVA, Rabu (08/12).
Camille Beauty merupakan brand skincare asal Indonesia yang didirikan oleh Nadya Shavira.
Brand ini pertama kali didirikan pada 2018 lalu saat Nadya baru berusia 18 tahun.
Baca Juga: Mau Bangun Bisnis dengan Pasangan? Simak 5 Tips Ini agar Tetap Harmonis
Di usia yang masih terbilang muda itu, Nadya berani untuk memulai bisnisnya sendiri.
Semua itu bermula dari keinginan Nadya mencari penghasilan sendiri. Saat itu, ia memutuskan untuk menjadi reseller dari sebuah perusahaan masker organik.
Melihat besarnya minat masyarakat akan produk perawatan wajah, terutama masker, dan pangsa pasar yang menjanjikan, Nadya kemudian mencoba untuk membuat sendiri formula masker yang cocok dengan kondisi kulitnya yang rentan berjerawat seperti umumnya kulit-kulit para remaja.
Baca Juga: Gemar Koleksi Parfum, Jessica Mila Akhirnya Punya Merek Sendiri
Dengan modal awal hanya sebesar Rp10 juta, dibantu sang ibu yang merupakan seorang apoteker, mereka meramu masker yang bisa menghidrasi kulit, menenangkan jerawat yang meradang, dan mengurangi kemerahan pada wajah.
Strawberry dan lemon pun menjadi varian pertama masker buatan Nadya dan ibunya yang lalu diberi nama Maskyourneeds.
Dalam waktu singkat, masker karya Nadya pun dicari-cari banyak orang.
Baca Juga: Tak Goyah Kala Pandemi, Ini Cara Almira Varian Jesse Terapkan Prinsip Bisnisnya
Semua proses produksi, penjualan, pemasaran, dan pengantaran dilakukan oleh Nadya dibantu ibunya.
Penjualannya merangkak naik, mulai dari puluhan per minggu, hingga ratusan per hari.
Perlahan Nadya mulai menambahkan jenis lain dari masker organiknya hingga kini memiliki 6 varian, yakni strawberry, lemon, green tea, coklat, milk, dan coffee.
Menyasar pembeli berusia remaja mulai dari 13 tahun, masker organik Camille Beauty memiliki berbagai macam manfaat tersendiri sehingga customer dapat menyesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit mereka.
Baca Juga: Beri Dukungan untuk UMKM hingga Startup, Kata.ai Manfaatkan Perkembangan Teknologi Percakapan AI
Pada tahun 2020, Nadya mengubah nama brand-nya menjadi Camille Beauty sekaligus mendaftarkan semua produk buatannya ke BPOM dan berhasil melewati uji coba, serta mendapatkan sertifikat BPOM.
Kesuksesan Nadya juga didukung oleh jejaring sosial TikTok melalui engagement Nadya dengan para followers-nya.
Konten yang diunggah oleh Nadya tidak hanya tentang produk, namun juga suka duka Nadya dalam membangun bisnisnya, sehingga menjadi inspirasi tersendiri bagi para pengikutnya yang kebanyakan masih duduk di bangku sekolah dan kuliah.
Baca Juga: Bisnis Makin Sukses, Nagita Slavina Justru Takut Punya Harta Berlimpah
Lihat postingan ini di Instagram
Strategi pemanfaatan jejaring sosial tersebut akhirnya secara tidak langsung berhasil membuahkan engagement tinggi yang berkontribusi pada kesuksesan brand-nya.
"Saya berharap produk skincare terbaru Camille Beauty tidak hanya akan memberikan jawaban bagi pelanggan Camille Beauty atas permasalahan kulit mereka, namun juga mendorong industri skincare Indonesia, khususnya brand lokal serta memperkuat perekonomian Indonesia," ujar Nadya.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
KOMENTAR