Konsumsi Garam Berlebihan Picu Penyakit, Ahli Sarankan Pakai MSG

By Ratih, Senin, 11 Juli 2022 | 16:02 WIB
MSG merupakan alternatif yang lebih aman dan sehat dibandingkan garam. (Shutterstock)

NOVA.id - Bahaya garam untuk kesehatan bisa picu penyakit seperti hipertensi, stroke, penyakit jantung, bahkan diabetes.

Kendati demikian, dokter sekaligus content creator, dokter Kevin Mak, menyebut tubuh kita tetap membutuhkan asupan garam harian.

Studi yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO) menunjukkan konsumsi garam harian yang ideal adalah 5 gram setiap hari.

"Jadi garam ini berperan penting dalam menjaga kerja sistem syaraf."

"Ibaratnya jika kita ingin menggerakkan tangan atau memegang benda itu sedikit banyak menggunakan komponen natrium untuk menggerakkan peran tersebut," ujarnya di webinar Ajinomoto X Katadata Peran Umami dalam Mewaspadai Asupan Garam Berlebih untuk Hidup Lebih Sehat sesi 1: Mitos dan Fakta Seputar MSG, Selasa (05/07) lalu.

Selain itu, garam juga membantu enzim pencernaan untuk menyerap nutrisi seperti protein lemak dan karbohidrat dalam sel-sel tubuh dan menjaga kesehatan otot seperti otot jantung dan otot rangka.

Sayangnya, sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi lebih dari 5 gram garam setiap harinya.

Kondisi inilah yang berbahaya untuk kesehatan tubuh jangka panjang.

Oleh sebab itu, dokter Kevin Mak, memberikan solusi dengan menambahkan Monosodium Glutamate atau MSG yang dapat menjaga kadar sodium atau garam rendah dan tidak membahayakan tubuh.

Webinar Ajinomoto X Katadata Peran Umami dalam Mewaspadai Asupan Garam Berlebih untuk Hidup Lebih Sehat sesi 1: Mitos dan Fakta Seputar MSG, Selasa (05/07) lalu. (Ajinomoto)

Baca Juga: Perayaan 53 Tahun Ajinomoto Indonesia, Konsisten Jaga Kesehatan dan Lingkungan