10 Info Penting yang Perlu Anda Tahu Soal Melanoma (2)

By nova.id, Sabtu, 28 Juni 2014 | 12:29 WIB
10 Info Penting yang Perlu Anda Tahu Soal Melanoma 2 (nova.id)

TabloidNova.com - Anda mungkin pernah dengar istilah 'melanoma', namun belum terlalu mengerti apa itu dan bagaimana cara mengetahuinya. Sebab, melanoma adalah salah satu penyakit yang banyak disebut sebagai penyakit yang 'tricky' alias susah-susah gampang untuk dipahami.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang melanoma, asisten profesor ahli dermatologi dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai, AS, Dr. Angela J. Lamb, MD, memberikan pemaparannya sekaligus bagaimana cara mengetahui kulit terkena melanoma.

Kini, mulailah menyimak 10 hal penting tentang melanoma, terutama bagi Anda yang sama sekali belum mengetahui sama sekali tentang penyakit ini.

6. Sangat mungkin muncul bukan karena paparan sinar matahari.

Seperti halnya melanoma yang akan muncul pada sela-sela antara jari, telapak tangan dan kaki, melanoma juga bisa muncul di bawah ketiak, bokong, atau alat kelamin. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyak pengetahuan mengenai penyebab kanker kulit dan seperti apa gejala yang mungkin muncul dan dirasakan. Aktiflah bertanya kepada dokter pribadi ketika sedang ada kesempatan berkonsultasi, dan tanyakan bagaimana sebaiknya mengecek kondisi kulit agar tidak terkena kanker kulit.

7. Banyak terjadi juga pada orang-orang usia lanjut.

Melanoma juga bisa sangat mungkin terjadi pada generasi tua yang masih hidup di saat ini, terutama mereka yang di masa mudanya kesulitan untuk mendapatkan akses untuk mendapatkan sunscreen yang begitu mudah dibeli di mana pun sekarang ini.

"Mereka yang tumbuh dan menjalani masa muda di masa lalu masih menggunakan baby oil sebagai proteksi terhadap paparan sinar matahari," kata dr. Lamb. Dan bagi orang-orang yang menghabiskan masa muda di era 50-60an serta banyak terpapar sinar matahari, akan terdiagnosis melanoma akibat faktor mutasi genetik, di mana sel melanosit yang tinggal di tubuhnya akan memproduksi pigmen melanin pada kulitnya, tutur dr. Lamb.

8. Penyakit ini masuk ke dalam daftar mematikan sebagai salah satu jenis kanker kulit.

Ketika sel basal dan squamous cell carcinomas (sel penybab kanker kulit) lebih banyak ditemui ketimbang melanoma itu sendiri pada kulit, sel-sel tadi akan hidup jauh lebih lama pada tubuh. Berdasarkan data AAD, satu orang Amerika meninggal dunia akibat melanoma setiap jamnya. Bahkan di tahun 2014 ini saja, diestimasi sudah ada lebih dari 9.700 warga AS meninggal dunia akibat melanoma.

9. Namun bisa diobati jika diketahui lebih awal.