Mangkuk Ragout

By nova.id, Sabtu, 9 Juni 2012 | 22:36 WIB
Mangkuk Ragout (nova.id)

Isi:1 sdm margarin5 bh bawang merah, cincang halus100 g daging giling1 bh wortel, potong dadu kecil½ sdt garam1 sdt merica bubuk100 ml air1 btg seledri, iris halus½ sdt tepung terigu, larutkan dengan 2 sdm air

Kulit:200 g tepung terigu2 btr telur½ sdt garam350 ml santan1 L minyak goreng

Pelengkap:50 ml saus sambal50 ml mayones

Cara Membuat:1. Isi: Panaskan margarin, tumis bawang merah sampai harum. Masukkan daging giling, wortel, garam, dan merica bubuk. Tambahkan air, masak sampai daging matang dan air mengering. Masukkan seledri dan larutan tepung terigu, aduk rata. Masak sampai mengental dan matang. Angkat dan sisihkan.2. Kulit: Campur tepung terigu, telur, dan garam, aduk rata. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata dan licin, kemudian saring.3. Panaskan minyak goreng, celupkan cetakan martabak Shanghai ke dalam minyak sampai terendam seluruhnya. Diamkan sebentar, angkat, dan tiriskan. Segera isi setengah bagian cetakan dengan adonan tepung, beri 1 sendok teh adonan isi.4. Celupkan perlahan-lahan dalam minyak goreng yang tidak terlalu panas, diamkan sampai adonan bisa dilepas dari cetakan. Goreng sampai kuning kecokelatan. Ulangi sampai adonan habis. Sajikan bersama pelengkap.

Untuk 15 buah, Waktu 40 menit

Tips:- Cetakan martabak Shanghai dapat diperoleh di toko bahan kue.- Pastikan cetakan telah panas sebelum ditambahkan adonan kulit agar adonan lebih mudah dilepas dari cetakan.

Resep: Dahrani Putri, Uji Dapur: Dewi, Penata Saji: Popy Fitria, Foto: Agus Dwianto