Kue Ruwok

By nova.id, Rabu, 18 April 2012 | 09:39 WIB
Kue Ruwok (nova.id)

Bahan:4 bh kuning telur80 g gula pasir½ sdt vanili bubuk¼ sdt garam150 g kelapa muda, keruk daging buahnya50 g tepung terigu50 ml susu kental manis100 ml santan50 g kenari, cincang kasar4 bh putih telur2 sdm gula pasir

Taburan:1 sdm kayumanis bubuk2 sdm kismis3 sdm kenari cincang

Cara Membuat:1. Kocok kuning telur, gula pasir, dan vanili bubuk hingga pucat dan gula larut.2. Jerangkan di atas api kecil, sambil diaduk-aduk sampai adonan kental.3. Tambahkan garam, kelapa muda, tepung terigu, susu kental manis, dan santan, masak dengan api kecil sampai adonan kental.4. Masukkan kenari, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang alumunium foil. Sisihkan.5. Kocok putih telur dan gula pasir hingga putih dan kaku. Tuangkan di atas adonan kue.6. Taburi bagian atasnya dengan kayumanis bubuk, kismis, dan kenari. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 derajat Celsius selama 15 - 20 menit hingga matang, dan bagian atasnya mengering.7. Angkat, sajikan panas atau dingin.

Untuk 5 Porsi, Waktu 30 Menit

Tips:  Jika Anda ingin membuat kue ruwok berwarna hijau, tambahkan 25 ml air daun suji dan pandan yang telah dihaluskan ke dalam adonan tepung.

Resep: Nuraini W, Uji Dapur: Dilla, Penata Saji: T. Firta Hapsari, Foto: Fadoli Barbathully