Seafood Hot Pot

By nova.id, Selasa, 22 Mei 2012 | 04:25 WIB
Seafood Hot Pot (nova.id)

Bahan:50 g cumi bersih, belah melebar, kerat-kerat bagian dalamnya, potong kotak50g udang, kupas, sisakan ekor½ sdt air lemon½ sdt garam¼ sdt merica bubuk3 sdm minyak goreng1 bh bawang bombai, potong-potong2 siung bawang putih, memarkan2 bh cabai merah besar, potong 1 cm2 bh cabai hijau besar, potong 1 cm100 g chikuwa100 g crab stick, potong-potong100 g jagung putren, belah dua memanjang100 g brokoli, seduh air panas1 ½ sdm saus tiram2 sdm saus tomat¾ sdt garam½ sdt merica hitam kasar300 ml air1 sdt minyak wijen

Cara Membuat:1. Lumuri cumi dan udang dengan air lemon, garam, dan merica bubuk. Diamkan selama 15 menit. Sisihkan.2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Masukkan cumi dan udang, masak sampai berubah warna.3. Tambahkan semua cabai, aduk rata, masak sebentar. Masukkan chikuwa, crab stick, jagung putren, dan brokoli, aduk rata.4. Bumbui dengan saus tiram, saus tomat, garam, merica hitam kasar, dan air, aduk rata. Masak sampai mendidih dan semua matang.5. Masukkan minyak wijen, aduk rata. Angkat dan sajikan segera dalam hot pot.

Untuk 2 Porsi, Waktu 40 Menit

Tips:

- Chikuwa berbentuk silinder mungil dengan warna kecokelatan di bagian tengahnya. Terbuat dari adonan ikan, gula, dan putih telur. Teksturnya kenyal dan gurih, mirip bakso ikan. Dijual di pasar swalayan di bagian makanan beku.

- Crab stick terbuat dari pasta ikan yang teksturnya dibuat menyerupai daging kepiting tapi dibentuk bulat panjang sekitar 10 cm. Warnanya putih di dalam dan kemerahan di bagian luar. Dijual di pasar swalayan di bagian makanan beku.

Resep: Dahrani Putri, Uji Dapur: Klub Nova, Penata Saji: Wina Kusnadi, Foto: Agus Dwianto