Nangka, Buah Tropis Nikmat Kaya Manfaat

By nova.id, Kamis, 1 Juni 2017 | 09:00 WIB
Manfaat buah nangka yang tak terduga, perkuat tulang hingga cega penyakit jantung! (nova.id)

Manfaat buah nangka ternyata banyak sekali, lo. Tak hanya nikmat dikonsumsi langsung, nangka juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan.

Buah nangka yang masih muda biasa dimanfaatkan untuk dibuat sayur seperti gudeg atau gulai. Terlebih saat sudah matang, buah nangkan  bisa langsung disantap dan dirasakan kenikmatannya. Warnanya yang kuning hingga mendekati oranye ini sering disajikan dalam kudapan-kudapan tradisional yang nikmat dengan aromanya yang khas dan kuat.

Baca: Sayur Nangka Muda

Baca: Gulai Nangka

Cara paling sederhana untuk memanfaatkan biji buah nangka adalah dengan cara merebusnya dan tambahkan sedkit garam ke air rebusan.

Namun yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi buah nangka, buah yang sudah matang sebaiknya dibatasi konsumsinya alias jangan terlalu banyak. Pasalnya, buah nangka bisa memicu pembentukan gas dalam perut dan bisa mengakibatkan perut menjadi mulas.

Tapi ada banyak juga manfaat buah nangka yang tak diduga. Kandungan gizinya tak kalah penting dari buah-buahan lainnya. Apa saja?

1. Antioksidan

Buah nangka memiliki kandungan vitamin C yang tak kalah tinggi dibanding buah jeruk dan apel. Sehingga, tak heran bila buah ini bermanfaat sebagai antioksidan. Selain itu, ia juga memiliki kandungan gula seperti fruktosa dan sukrosa yang sangat dibutuhkan untuk menambah energi dalam tubuh kita. 

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan C pada buah nangka juga merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menjaga kesehatan mata.

Baca: Mengenal 8 Jenis Labu yang Kaya Manfaat

3. Menjaga Tekanan Darah