Sekses Mengolah BBQ

By nova.id, Kamis, 31 Desember 2015 | 01:45 WIB
Sukses Mengolah BBQ (nova.id)

Tabloidnova.com - Daging, ayam, seafood, hingga sayur-sayuran sangat nikmat diolah menjadi steak. Menu satu ini memang menjadi favorit, terlebih jika Anda paham benar penanganan setiap bahannya.

Daging

Agar sukses mengolah BBQ langkah pertyama adalah potong daging yang akan dijadikan steak dengan cara melawan uratnya. Ini berlaku untuk semua jenis daging, gunanya agar daging tidak liat.

Kemudian, rendam daging dalam bumbu rendaman setidaknya selama 30 menit. Namun, lebih baik lagi jika daging direndam semalaman, karena bumbu akan lebih meresap dan tekstur daging lebih empuk. Agar daging tidak liat dan rasa manis khas daging tetap ada, hindari membakarnya terlalu lama. Ada 4 tingkat kematangan daging. Pertama, very rare yang memasak sebanyak 225 gram daging dalam 1 menit setiap sisinya, rare yang dimasak selama 2 menit setiap sisinya, medium yang dimasak selama 3 – 4 menit setiap sisinya, serta well done yang dimasak dalam waktu 5 menit setiap sisinya.

Ayam

Pilih ayam dengan berat di atas 1 kilogram, karena artinya ia memiliki daging yang lebih tebal agar Anda sukses mengolah BBQ. Potong ayam melebar tanpa terputus agar mudah saat proses pembakaran, lalu tusuk-tusuk daging sebelum direndam agar bumbu dapat cepat meresap. Gunakan bumbu dan rempah dengan aroma khas yang menyengat, seperti jahe, serai, kapulaga, oregano, basil, atau tarragon, agar aroma khas ayam dapat hilang dan diganti aroma harum bumbu dan rempah.

Seafood

Sebisa mungkin, pilih seafood segar agar memudahkan saat pengolahan serta citarasanya lebih nikmat dan segar. Pilih ukuran seafood yang besar sehingga memudahkan Anda saat memanggangnya. Sebelum dipanggang, rendam seafood dalam bumbu rendaman selama 10 menit agar bumbu meresap dan aromanya semakin lezat.

Mengolah seafood dengan cara dibakar atau dipanggang tidak mememerlukan waktu yang lama. Untuk udang, hanya butuh waktu maksimal 10 menit dan untuk ikan hanya 15 menit. Jika dipanggang lebih lama dari itu, maka Anda bisa kehilangan tekstur lembut dan rasa khasnya.

Sayur dan Buah

Pilih sayur dan buah dengan tekstur yang padat. Seperti terung, zucchini, paprika, mentimun, jagung, wortel, jamur, apel, pir, dan lain lain. Tekstur keras pada sayur dan buah akan menghasilkan sayur dan buah renyah setelah dibakar.

Bersihkan sayur dan buah sebelum diolah, kemudian potong-potong dengan ukuran yang dapat dimakan sekali suap. Tusukkan sayur dan buah pada tusuk satai atau tusukan kebab sehingga memudahkan saat dibakar. Padukan sayuran dan buah dengan sosis, bakso, keju, dan bahan lain sesuai selera, agar rasanya semakin lezat.

DAHRANI PUTRI/ DARI BERBAGAI FOTO: AHMAD FADILLAH/DOK. NOVA