Wah, Ternyata Kekurangan Vitamin K Dapat Menyebabkan 5 Masalah Kesehatan Ini

By Dionysia Mayang Rintani, Kamis, 7 Desember 2017 | 04:00 WIB
Wah, Ternyata Kekurangan Vitamin K Dapat Menyebabkan 5 Masalah Kesehatan Ini (Dionysia Mayang)

NOVA.id – Seperti semua nutrisi lainnya, vitamin K juga memegang posisi penting di tubuh kita, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin C, karbohidrat, protein, dan lain-lain.

Vitamin K memainkan peran penting dalam pembekuan, yang biasa dikenal dengan pembekuan darah.

Pembekuan darah penting untuk mencegah perdarahan internal dan eksternal, sebab aliran darah yang berlebihan dapat memiliki efek yang merugikan bagi kesehatan kita.

(Baca juga: Wow, Perempuan Ini Lahirkan Bayi dengan Berat di Atas Normal, Popoknya untuk Usia 5 Bulan!)

Vitamin K dikategorikan sebagai vitamin K1 dan vitamin K2. Vitamin K1 biasanya ditemukan pada sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung, sedangkan, vitamin K2 merupakan nutrisi alami di saluran pencernaan manusia.

Kekurangan vitamin K bisa dikarenakan oleh gaya hidup yang tidak sehat, misalnya ketika kita lebih sering mengonsumsi junk food atau makanan instan ketimbang sayuran hijau.

Dilansir dari BoldSky, berikut adalah 5 masalah kesehatan yang bisa menimpa kita jika tubuh kita kekurangan vitamin K.

1.       Masalah Jantung

Pada umumnya, vitamin K2 adalah zat alami yang ada di saluran pencernaan manusia dan secara langsung berhubungan dengan pengapuran arterial.

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan karboksilasi suboptimal dan protein glutamat matriks karboksilat yang tidak aktif secara biologis (MGP).

Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular pada manusia.

Menurut penelitian, sekitar 57 persen individu meninggal karena serangan jantung yang disebabkan oleh kekurangan vitamin K2.