NOVA.id - WFH atau Work From Home masih ditetapkan oleh banyak perusahaan.
Tentunya ini karena kondisi pandemi yang masih berlangsung.
Kini WFH menjadi gaya bekerja yang baru.
Baca Juga: Menu Makanan Lezat dan Praktis untuk Temani WFH ala Fiesta Ready to Serve
Jika biasanya karyawan bekerja dari kantor, sekarang mereka menyelesaikan pekerjaannya dari rumah.
Namun, menyelesaikan pekerjaan dari rumah juga kerap menimbulkan masalah.
Selain keadaan rumah yang kadang tidak mendukung, kurang bersemangat, kejenuhan juga munjadi masalah saat WFH.
Baca Juga: Rekomendasi Baju Rumahan Brand Lokal agar Tetap Cantik Saat WFH
Nah, apakah Sahabat NOVA mengalami jenuh juga saat WFH?
Tenang saja, berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kejenuhan saat WFH.
1. Membuat List Pekerjaan
Menulis daftar pekerjaan mempermudah kita untuk bekerja.
Baca Juga: Tips Masak Cepat Oatmeal, Jadi Alternatif Sehat Saat WFH
Selain itu, membuat pekerjaan jadi lebih tertata.
Sahabat NOVA bisa menuliskan daftar pekerjaan berdasarkan urutan waktu penyelesaian.
Tuliskan juga waktu penyelesaian dan hindari menulis terlalu pajang.
Baca Juga: Ingin Muka Tetap Flawless Saat WFH? Coba Makeup Sederhana Ini!
Kita bisa menuliskan point-point yang rinci saja.
Dengan membuat daftar pekerjaan kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan teratur selama WFH.
2. Perhatikan Waktu Istirahat
Sebagian orang bernaggapan istirahat bisa menghambat produktivitas kerja.
Baca Juga: Setahun WFH Bikin Burnout, Ini Tips agar Bisa Kembali Produktif
Tapi hal itu justru keliru.
Waktu istirahat adalah hal yang penting dan harus diperhatikan.
Kita tidak harus terus menerus menghadap layar, karena hal itu akan melelahkan dan menjemukan.
Baca Juga: Tips Memilih Pakaian Agar Tidak Saltum Saat Wawancara Virtual
View this post on Instagram
Meluangkan waktu sekitar 10 sampai 20 menit bisa menjadi solusi mengatasinya.
Selama istirahat kita bisa melakukan sleingan kegiatan lainnya, seperti makan atau menyirami tanaman.
Dengan begitu kita bisa kembali menyegarkan pikiran dan kembali fokus.
Baca Juga: Tips Dekorasi Tempat Kerja di Rumah agar WFH Makin Nyaman
3. Menghindari Cek Email Terlalu Sering
Sahabat NOVA ternyata mengecek email terlalu sering juga bisa membuat kita lebih cepat jenuh.
Mengecek email ini membuat fokus kita terpecah.
Akibatnya, kita perlu meluangkan waktu lagi untuk mengembalikan fokus ke pekerjaan semula.
Kita perlu menentukan waktu untuk mengecek email atau media sosial lainnya, misalnya setiap satu jam sekali.
Dengan begitu fokus kita tidak terpecah dan pekerjaan dapat segera terselesaikan.
Kalau kita sedang WFH dan mulai merasa jenuh, yuk kita cob lakukan beberapa hal tersebut agar kita semangat kembali unutk bekerja.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Source | : | Kompas Lifestyle |
Penulis | : | Septirini Sekar Nusantari |
Editor | : | Alsabrina |
KOMENTAR