NOVA.id – Sebagai bentuk kampanye muslim friendly Korea, Korean Tourism Organization (KTO) kembali menggelar Muslim Friendly Korea Online Festival (MFKF) secara daring pada 29-31 Oktober 2021.
Gelaran tahunan ini sebagai salah satu bentuk kampanye Muslim Friendly Korea dari KTO Indonesia yang terus berusaha untuk melakukan perbaikan dan pengembangan fasilitas-fasilitas ramah muslim supaya wisatawan muslim bisa berwisata dengan nyaman di Korea.
Mengangkat tema “Sebelum Ke Sana, Kita Ketemu di Sini”, KTO ingin masyarakat dapat mengetahui informasi penting dalam mempersiapkan perjalanan mereka ke Korea setelah pandemi mereda.
Baca Juga: Rayakan Satu Dekade, Tiket.com Berikan Diskon hingga Rp1 Juta
Meski bukan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Korea termasuk negara yang aman dan nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan muslim.
Restoran bersertifikat halal dan ramah muslim sudah banyak bermunculan di kota-kota besar dan mudah ditemukan.
Selain itu, fasilitas ibadah seperti masjid dan mushola pun dapat ditemui di tujuan wisata, contohnya adalah musala di pusat perbelanjaan COEX Mall, Gangnam.
Baca Juga: Sajadah Travel Lipat Gumun, Brand Lokal yang Diminati di Asia Tenggara
Upaya dan keseriusan Pemerintah Korea dalam mengembangkan wisata ramah Muslim ini kian meningkatkan reputasi Korea sebagai tujuan wisata ramah Muslim.
Menurut laporan 2019 GMTI (Global Muslim Travel Index), Korea menduduki peringkat ke-8 di antara tujuan-tujuan wisata di luar negara OKI (Organisasi Kerja Sama Islam).
Pencapaian tersebut terwujud sejalan dengan jumlah kunjungan wisatawan Muslim ke Korea yang diperkirakan menembus 1 juta untuk pertama kalinya pada 2019 lalu.
Baca Juga: Indonesia Resmi Sepakati Perjanjian Koridor Wisata dengan 3 Negara Ini, Salah Satunya China
Muslim Friendly Korea Festival secara virtual ini menyajikan pilihan menu mulai dari budaya, fashion, makanan, destinasi antimainstream, hallyu dan wellness, tentunya yang ramah bagi wisatawan muslim.
Gelaran MFKF ini berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana pada tahun ini KTO merancang platform khusus pendekatan interaktif.
Platform ini akan memberikan akses kepada pengunjung untuk dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan seperti webinar, quiz, dan games.
Baca Juga: Menuju New Normal, Konsep Travel Bubble Ramai Diperbincangkan di Berbagai Negara, Apa Itu?
Selama tiga hari MFKF membagi acara menjadi tiga zona, yakni Zona Perkenalan, Zona Jalan-Jalan, dan Zona Nyaman.
Di tiap zona, pengunjung dapat bergabung di talkshow informatif, membaca berbagai artikel tentang Korea, bermain games berhadiah menarik, sampai mencari tahu deretan kuliner ramah muslim.
Pengisi acara untuk talkshow di antaranya ada Mutiara Adiguna, Furry Citra, Alika Islamadina, Han Yoo Raa, Sasyachi, dan Tiffani Affifa.
Baca Juga: Siap Liburan Setelah Pandemi Berakhir, Jangan Lewatkan Santika Online Travel Fair!
Zona Perkenalan - Jumat 29 Oktober 2021
Pada zona ini, pengunjung akan mendapatkan sesi webinar dengan influencer untuk mengenal Korea lebih dekat, melalui materi budaya serta pembelajaran mengenai bahasa Korea.
Selain itu di zona ini, pengunjung pun akan mendapatkan tips-tips menarik untuk berbusana di Korea sesuai dengan musimnya.
View this post on Instagram
Zona Jalan-Jalan - Sabtu 30 Oktober 2021
Pada zona ini, pengunjung akan mendapatkan lebih banyak informasi seputar destinasi wisata Korea yang antimainstream serta muslim friendly.
Di zona ini, pengunjung juga bisa mendapatkan informasi seputar restoran-restoran ramah Muslim yang ada di Korea.
Baca Juga: Salut! 83% Masyarakat Rela Tidak Mudik agar Tak Tularkan Virus Corona
Zona Nyaman - Minggu 31 Oktober 2021
Pada zona ini akan dibahas tuntas mengenai wellness travelling, dimana KTO akan membagikan informasi destinasi-destinasi wisata yang bagus untuk relaksasi di Korea.
Bagi pecinta Kpop dan Kdrama, Zona ini pun memberikan informasi seputar Hallyu serta destinasi berdasarkan MV Kpop dan Kdrama kesukaan kamu.
Direktur KTO Jakarta, Yang Su Bae, mengatakan “Kampanye Muslim Friendly Korea di Indonesia sangat signifikan karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim.”
Baca Juga: Tingkat Bahan Kimia Melebihi Batas, IKEA Tarik Produk Travel Mug
“Secara otomatis, hal itu membuat Indonesia menjadi target pasar wisata muslim terbesar bagi Korea.”
Yang juga menambahkan “Kami berharap masyarakat Indonesia tetap ingat Korea sebagai destinasi pariwisata yang ramah bagi wisatawan muslim sehingga Korea bisa dijadikan tujuan pertama bagi wisatawan Indonesia untuk liburan setelah pariwisata internasional kembali membaik.”
Muslim Friendly Festival terbuka untuk umum, kita cukup mengakses www.KTOMFKF2021.com untuk berpartisipasi dalam gelaran Muslim Friendly Korea Festival tahun ini.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR