Red Velvet Whoopie Pie

By nova.id, Jumat, 16 November 2012 | 23:24 WIB
Red Velvet Whoopie Pie (nova.id)

Bahan:325 g tepung terigu15 g cokelat bubuk¼ sdt baking powder¼ sdt baking soda½ sdt garam180 ml buttermilk2 sdm pewarna makanan cair warna merah170 g mentega tawar200 g gula pasir halus1 btr telur1 sdt esens vanili

Cream Cheese Filling:113 g mentega tawar227 g cream cheese1 sdt esens vanili345 g icing sugar, ayak

Cara Membuat:1. Campur tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, baking soda, dan garam, aduk rata. Ayak dan sisihkan.2. Campur buttermilk dan pewarna makanan cair warna merah, aduk rata. Sisihkan.3. Kocok mentega tawar dengan mixer hingga lembut. Tambahkan gula pasir halus, kocok kembali hingga mengembang dan lembut.4. Tambahkan telur dan esens vanili, kocok rata. Masukkan campuran tepung terigu bergantian dengan campuran buttermilk sedikit demi sedikit, aduk rata.5. Sendokkan adonan menggunakan ice cream scoop kecil dan taruh di atas loyang beralaskan kertas roti. Ratakan dengan tangan yang dibasahi air.6. Panggang di oven bersuhu 180 derajat Celsius selama 20 menit atau sampai matang. Angkat dan dinginkan.7. Cream Cheese Filling: Kocok mentega tawar sampai lembut. Masukkan cream cheese, kocok kembali sampai lembut. Tambahkan esens vanili, kocok rata. Terakhir, masukkan icing sugar, kocok sampai lembut dan mengembang.8. Ambil 1 buah whoopie pie, semprotkan cream cheese filling dan tangkupkan dengan 1 buah whoopie pie.

20 buah 45 menit

Tips:- Buttermilk membuat tekstur cake atau kue menjadi lebih lembut dan lembap tanpa harus menggunakan lebih banyak mentega.- Buttermilk dapat dibeli di pasar swalayan yang menjual bahan makanan impor.- Buttermilk bisa diganti campuran 250 ml susu cair dan 1 sdm cuka. Campuran ini juga bisa diganti yoghurt atau krim asam bertakaran sama.

Resep: Dahrani Putri | Uji Dapur: Klub Nova | Penata Saji: Popy Fitria | Foto: Eng Naftali/NOVA