6 Bahan Penghilang Bau Amis pada Ikan

By nova.id, Sabtu, 1 April 2017 | 06:45 WIB
Cara membekukan ikan (nova.id)

Bau amis pada ikan memiliki pengaruh negatif pada rasa makanan. Oleh karena itu, harus diketahui cara menghilangkan bau amis pada ikan sebelum dimasak. Berikut beberapa bahan penghilang amis pada ikan yang dapat Anda pilih untuk digunakan.

1. Susu

Anda hanya perlu rendam ikan dalam susu, lalu bilas setelahnya. Susu akan membantu menyerap bau amis dari makanan laut. Kemudian, Anda bisa memasak ikan dengan cara apapun.

Kasein, zat dalam susu akan berikatan dengan trimetilamin oksida, zat kimia yang mengarah ke bau amis, sehingga susu dapat mengurangi bahkan menghilangkan amis pada ikan.

BACA: Cara Lengkap Memilih Ikan Beku, Ikan Segar, dan Ikan Fillet 

2. Campuran Tepung Maizena, Garam, dan Bubuk Kunyit

Ini adalah trik lama menghilangkan bau amis pada ikan, dari India. Cukup campur tepung maizena, garam, dan bubuk kunyit. Kemudian, balur ke seluruh permukaan ikan dan diamkan minimal selama 30 menit. Setelah itu, cuci ikan di bawah air mengalir sebelum dimasak.

Tidak perlu khawatir tentang rasa ikan, karena kunyit adalah bahan yang baik untuk menyingkirkan bau amis ikan dengan efektif.

3. Cuka, Baking Powder, dan Lemon

Cuka, baking powder, dan lemon membantu untuk menurunkan sekitar 50% bau amis dari ikan. Cukup campur cuka atau baking powder atau lemon dengan air segar, lalu gunakan untuk merendam ikan sekitar lima menit. Setelah itu, keluarkan ikan, bilas, dan keringkan dengan handuk kertas sebelum ikan dimasak.

BACA: Memasak Ikan Beku Agar Tetap Segar

4. Abu Kayu